Memberikan Informasi Terbaru Yang Ada dan Materi TKJ

Sunday 28 February 2016

Jenis Makanan Khas Indramayu

Jenis Makanan Khas Indramayu - Sebagian orang tentunya belum mengetahui  nama Kabupaten ini, ya begitu juga mungkin dengan makanan khasnya, jika di bicarakan makanan khas Indramayu ini sangat banyak, karena banyaknya ini membuat admin berfikir 2 kali untuk menulis ulang makanan khas Indramayu, tetapi admin akan tetap memberi tahu makanan khas Indramayu walau hanya beberapa saja . 


Anda pernah memakan buah mangga? Buah mangga apa yang anda suka? Di indramayu banyak sekali jenis-jenis buah mangga sampai banyaknya admin tidak hafal betul namanya, tetapi mangga asli Indramayu cuma beberapa jenis saja loh . Oke mungkin selesai dulu pembahasan tentang buah mangganya dan sekarang kita fokus ke makanan khas Indramayu, berikut admin ulas Makanan khas Indramayu :

1. Pedesan Entog

Entog adalah hewan yang masih berkeluarga dengan bebek ataupun angsa, hewan ini sangat enak rasa dagingnya, untuk itu masyarakat di Indramayu mengolah entog dan menjadikan makanan khas Indramayu, dengan mengolah dan menambahkan bumbu-bumbu yang mudah didapatkan yang menjadikan rasa khas tersendiri yang didapatkan dari olahan makanan Pedesan Entog ini. Nama 'pedesan' sendiri yaitu berarti makanan pedas, jadi bisa di bayangkan nikmatnya makanan ini.

2. Dodol Mangga

Apa jadinya jika ada buah yang manis dan enak rasanya tidak di jadikan olahan makanan?, ya di Indramayu sendiri mempunyai olahan makanan buah jenis dodol, yaitu dodol Mangga, dari segi nama saja sudah terlihat bukan bahan utamanya apa? tidak jauh berbeda dengan dodol lain nya, proses pembuatan dodol mangga ini juga sama dengan dodol dari daerah lainnya, tetapi biasanya di Indramayu pembuatan dodol mangga ini masih sangat tradisional.

3. Rumbah

Makanan khas Indramayu yang satu ini sungguh sangat enak dan pedas rasanya, untuk bahan dan bentuk makanan ini yaitu dari sayuran yang di rebus terlebih dahulu, sayuran yang digunakan hanya sayuran tertentu saja. Dan untuk bumbunya sendiri menggunakan sambal yang 'agak cair' dan berbeda dengan sambal apapun, hal ini yang membuat ke nikamatan pedas yang di dapatkan ketika memakan rumbah ini. 

3. Kue nagasari dan koci/poci

Kedua makanan khas Indramayu ini berbentuk kue, yang berbahan utama yaitu tepung dan diisi dengan potongan buah pisang atau nangka, kue ini di bungkus dengan daun pisang. Untuk bentuk nya kue nagasari berbentuk segi empat atau 'kotak' dan untuk kue koci/poci berbentuk segitiga. Kue nagasari tidak berwarna atau polos putih sedangkan untuk kue koci/poci sangat beragam warnanya tergantung pembuatnya sendiri. Dan untuk rasanya sendiri kedua kue ini berasa manis dan empuk, hal ini yang membuat kue nagasari dan kue koci/poci sangat banyak di minati anak-anak, kue ini sangat familiar dan selalu ada di setiap acara hajatan di Indramayu,rasanya kurang afdol apabila tidak ada kue ini di dalam acara hajan tersebut.

6. Karedok

Makanan yang satu ini hampir sama dengan rumbah, hanya saja kalau rumbah berbahan rebusan sayuran sedangkan karedok berbahan sayuran yang tidak di rebus. Untuk rasanya sendiri sangat khas orang pedesaan, karena gurihnya dan segarnya sayuran yang membuat karedok sangat populer di semua kalangan, dan rasa dari karedok sendiri di bagi menjadi 3 rasa yaitu pedas, sedang, dan biasa. Bumbu utama pada karedok adalah kacang tanah yang sudah di 'oseng' tanpa minyak dan di uleg dengan berbagai jenis bahan lainnya.


7.Kerupuk Udang

Jenis makanan yang satu ini yaitu krupuk, di sini krupuk udang biasa di sajikan oleh 'tuan rumah' acara hajatan, karena sangat kurang lengkap jika tamu-tamu yang datang di acara hajatan dan makan tanpa bercampur dengan krupuk ini. Tapi tenang, untuk sekarang Anda bisa membeli krupuk ini dengan kondisi yang masih 'mentah' dan sudah langsung bisa di goreng.

8. Keripik Melinjo

Keripik melinjo biasa di sajikan disaat acara besar seperti I'dul fitri atau I'dul adha, kripik melinjo sendiri adalah asli makanan/buah tangan dari Indramayu, tepatnya di Kecamatan Karangampel, dan karangampel sendiri adalah tempat terlahirnya admin. Untuk rasa dari kripik melinjo ada 2 varian rasa yang sangat populer disini yaitu keripik melinjo rasa manis dan kripik melinjo biasa (ada tambahan rasa asin).

9. Ikan Asin

Karena Indramayu merupakan wilayah yang sebagian pantai dan laut ini yang menjadikan warganya untuk membuat olahan makanan dari hewan laut yang berjenis Ikan. Ikan yang di beri garam lalu dijemur ini sangat enak untuk di konsumsi,dan sangat gurih rasanya.

10. Kue Serabi

Serabi merupakan makanan tradisional khas Indramayu, yang berbahan dasar tepung beras yang di campur dengan potongan kecil kelapa ini sangat enak rasanya, Anda bisa mendapatkan kue ini di pinggiran jalan di Indramayu, namun karena kurangnya minat masyarakat di Indramayu yang menjadikan 'sedikitnya' pedagang ini lebih memilih tidak berjualan lagi.

11. Pindang Gombyang 

Makanan ini sudah lumayan populer, yang menjadikan populer karena tempat penyedia makanan ini yang membuat 'kepopuleran' dan ciri khas tersendiri, Anda hanya bisa mendapatkan makanan Pindang Gombyang ini pada deretan pinggiran pantai, yaitu di pantai Glayem kecamatan Juntinyuat.


Artikel ini di kutip dari beberapa sumber , dan di tulis ulang oleh admin , semoga artikel tentang Jenis Makanan Khas Indramayu ini dapat bermanfaat .

SELANJUTNYA
« Prev Post
SEBELUMNYA
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak

 
Atas