Memberikan Informasi Terbaru Yang Ada dan Materi TKJ

Saturday 5 March 2016

Pengertian Internet, Intranet, Dan Ekstranet

Pengertian Internet, Intranet, Dan Ekstranet - Siapa yang tidak mengenal Internet?Dijaman yang serba modern dan canggih ini pasti sudah banyak orang yang mengenal kata Internet, namun hanya sebuah megenal bukan mengetahui definisinyam berikut admin jelaskan Pengertian Internet, Intranet, Dan Ekstranet.


Pengertian Internet
Interconected Network atau yang biasa dikenal dengan sebutan Internet merupakan sekumpulan beberapa komputer yang saling berhubungan satu sama lain dan membentuk suatu jaringan yang dapat menjangkau hingga di seluruh dunia serta yang saling berinteraksi dan bertukar informasi.

Selain sebagai sumber informasi, jaringan internet juga merupakan sebuah sarana komunikasi. Komunikasi yang dilakukan di internet adalah berupa komunikasi data. Segala sesuatu yang dikirimkan melalui internet berupa teks, suara, dan gambar dikirim dalam bentuk data (file). Dalam hal ini berarti menggunakan internet adalah mempertukarkan data-data antara dua buah komputer.

Dengan ber INTERNET, kita dapat memperoleh berbagai infomasi yang baru dan menarik tentunya, dimana saja dan kapan saja. Anda hanya pergi ke search engine Dunia seperti Google da Yahoo. Ketik kaliman yang ingin Anda cari maka kemudian akan ada banyak website yang menyediakan informasi seperti kaliamat yang Anda tulis  tadi.

Pengertian Intranet

Intranet merupakan sebuah jaringan komputer yang di bangun berdasarkan terknologi internet yang di dalamnya terdapat basis arsitektur berupa aplikas web dan terknologi komunikasi data. Intranet menggunakan protokol TCP/IP Protokol ini memungkinkan suatu komputer mengirim dan memberi alamat data ke komputer lain sekaligus memastikan pengiriman data sampai tujuan dengan tanpa kurang apapun. Intranet sangat berkembang pesat pada tahun 1995 di Amerika - Netscape.

Pengertian Ekstranet

Ekstranet merupakan jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.
Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.

Demikian Artikel Tentang Pengertian Internet, Intranet, Dan Ekstranet , Semoga dapat bermanfaat

SELANJUTNYA
« Prev Post
SEBELUMNYA
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak

 
Atas