Memberikan Informasi Terbaru Yang Ada dan Materi TKJ

Saturday 5 March 2016

Pengertian Microsoft Word dan Sejarahnya

Pengertian Microsoft Word dan SejarahnyaMicrosoft word merupakan salah satu aplikasi pengolah kata yang begitu sangat populer dan banyak digunakan diseluruh dunia pada saat ini. Sebuah aplikasi pengolah kata (dokumen) yang dikembangkah oleh perusaan raksasa Microsoft.


Sejarah Microsoft Word Microsoft Word

pada 25 oktober 1983, perusahaan microsoft mengeluarkan atau memperkenalkan microsoft word kepada masyarakat umum untuk pertama kalinya di PC. pada saat itu pengolah kata masih di dominasi oleh wordstar dan wordperfect (Dari DOS).

pada masa masa tersebut, microsoft word sudah menawarkan sesuatu yang baru dari program pengolah kata, yakni adalah satu - satunya software pengolah kata yang bisa menampilan cetak temal dan cetak miring.

Pada tahun 1987, versi Word for Macintosh, Word 3.0 dirilis. versi microsoft word yang dirilis ini menawarkan banyak fitur yang mengunggulkan produk mereka dibandingkan yang lainnya, tetapi meskipun banyak menawarkan fitur yang banyak, versi ini memiliki kekurangan, yakni banyaknya celah atau bug.

menanggapi programnya banyak memiliki bug, pihak microsoft meresponnya dengan cukup sigap, selang beberapa bulan kemudian, purusahaan raksasa tersebut mengupdate versi yang baru, yakni microsoft word 3.01 yang di klaim lebih stabil dari pendahulunya.

sejarah perkembangan microsoft word terus berlanjut, pada tahun 1989, microsoft kembali merilis updaten terbarunya, yaitu word 4.0. pada versi ini microsoft mengalami sukses besar dan juga versi ini sangat stabil dibandingkan versi sebelumnya.

pada tahun selanjutnya, microsoft kembali membuat sebuah terobosan besar dalam dunia pengolahan kata, yakni dengan menerbitkan sebuah pengolah kata untuk windows, yakni microsoft windows 3.0, microsoft untuk windows ini di bandrol dengan harga US$500. penjualan microsoft word menuai sukses yang besar dan mulai menguasai pasar dunia hingga saat ini.

versi terbaru dari Microsoft Word adalah Microsoft Word 2013, menggantikan versi pendahulunya word 2007 dan word 2010. pada versi word 2013 ini di klaim memiliki user interface sangat baik dari pendahulunya, dan juga fitur terbarunya yakni SkyDrive. keunggulan skydrive adalah kita bisa menyimpan data file secara online, penyimpanan data file secara online dapat membantu kita mengakses file dengan mudah.

Ciri khas perangkat lunak pengolah kata secara umum adalah pengola mulai dari karakter, kalimat, kata yang akhirnya membentuk suatu paragraf, sekumpulan paragraf membentuk satu halaman, dan kumpuan halaman membentuk sebuah naskah yang dalam hal ini disebut sebagai file atau dokumen.

Kemampuan utama pada perangkat lunak (software) pengolah kata meliputi penulisan, pembentukan, penambahan, penghapusan, penyimpanan, dan pencetakan.
Banyak sekali program aplikasi pengola kata yang dapat kita gunakan untuk membantu pengetikan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah :

1. DOS (WordStar, Word Perfect, C Writer, dll)
2. Windows (Microsoft Word, Notepad, Wordpad, dll)
3. Linux (OpenOffice org writter)

Program pengolah kata Miscrosoft Word mengeluarkan versi 1.0 sampai 6.0 versi DOS yang berarti program ini bekerja pada sistem DOS. Dan Microsoft Corporation sudah mengeluarkan versi-versi Microsoft Word, diantaranya sebagai berikut ini :

1. Microsoft Word versi ‘95
2. Microsoft Word versi ‘97
3. Microsoft Word versi 2000
4. Microsoft Word versi 2002
5. Microsoft Word versi 2003
6. Microsoft Word versi 2007
7. Microsoft Word versi 2010
8. Microsoft Word versi 2013

Sumber : buku dan refisi lainnya
Demikian artikel Pengertian Microsoft Word dan Sejarahnya, semoga dapat bermanfaat

SELANJUTNYA
« Prev Post
SEBELUMNYA
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak

 
Atas